PRIMBON JAWA TANGGAL LAHIR NAMA, BULAN DAN TAHUN JODOH REJEKI

PRIMBON JAWA TANGGAL LAHIR NAMA, BULAN DAN TAHUN JODOH REJEKI

PRIMBON JAWA TANGGAL LAHIR NAMA, BULAN DAN TAHUN JODOH REJEKI

Prakiraan Horoskop atau primbon jawa, apakah harus primbon tanggal lahir namda bulan dan tahun jodoh , horoskop ramalan horoskop prediksi Weton dan lainnya, sebenarnya sesuatu yang telah lama ada, terutama di Jawa. prakiraan horoskop ini bahkan ditularkan orang Jawa dari nenek moyang.

Banyak hal yang Anda dapatkan dari horoskop, dari alam, keberuntungan, kawin cocok untuk Anda dan banyak lagi. Banyak orang masih percaya hal-hal seperti ini, wanita. termasuk mungkin Anda masih percaya pada kebenaran horoskop ini prediksi.

Seseorang dilahirkan pada waktu tertentu bukanlah hal yang spekulatif, namun semuanya sudah ditetapkan dan dirancang dengan rapi oleh Yang Maha Kuasa. Ketentuan itulah yang nantinya menjadi dasar bagi pola hidup yang akan dijalani orang yang bersangkutan. Pola itu mencakup : perwatakan, jodoh, penyakit yang acap kali diidap, dan lainnya. Perwatakan yaitu pola hidup paling memungkinkan untuk dipelajari, karena ia yaitu gejala psikis yang bersifat kongkrit. Padahal atribut kehidupan selain itu -seperti jodoh atau penyakit- sudah menjadi rahasia Maha. Karenanya kami kira pada bab – bab yang terkait dengan jodoh dan penyakit, primbon yang dibentuk oleh Mas Arifin Yahya Alam ini cuma menurut pada adat kebiasaan saja. Oleh karena banyak orang yang lahir pada dikala yang sama namun berbeda sifat, karenanya data di sini tak bisa 100% benar. Tetapi cuma beberapa saja.

Aku sendiri lebih berminat untuk menghitung tingkat keakuratan buku itu, alih – alih fanatik percaya terhadapnya. Seperti kata Hawking, “Sains menjadi menawan dikala mampu membeberkan secara sederhana fenomena atau hubungan setiap observasi yang berbeda.” Berhubungan dengan ramalan atau semacamnya, hati aku bertanya “Apakah teori kekacauan yang membingungkan para fisikawan itu tak lain ketimbang kata – kata para peramal?\\\\”

Adapun tujuan penulisan kembali primbon ini yaitu -seperti yang aku singgung sebelumnya- untuk mengenal tingkat keakuratannya. Karenanya aku minta supaya para pembaca memberikan isu tingkat kecocokan primbon ini terhadap situasi pribadi masing – masing. Terima beri . . .

Menurut buku ini, sifat seseorang ditetapkan oleh dikala kelahirannya menurut : jam, hari, pasaran ( dalam sistem jawa), bulan, dan tahun.Waktu satu hari satu malam terdiri dari 24 jam, yang dibagi menjadi empat bagian, yaitu :

Jam 04.00 s/d 09.00 disebut pagi
Jam 10.00 s/d 15.00 disebut siang
Jam 16.00 s/d 21.00 disebut petang
Jam 22.00 s/d 03.00 disebut malam

Jikalau seorang bayi dilahirkan “pagi hari”, karenanya hidupnya semakin tua semakin baik dan lazimnya berwajah terang. Jikalau lahir “siang hari”, hidupnya pada masa muda beruntung namun agak penakut.Padahal bayi yang lahir “petang hari” dan ”malam hari” hidupnya kurang beruntung dan lazimnya berwajah agak gelap/tanpa sinar.

Sebetulnya bayi yang lahir pada waktu tengah malam (00.00) akan mendapat dua imbas, yaitu imbas hari sebelum dan setelah ia dilahirkan. Dikarenakan permulaan hari diawali pada waktu hal yang demikian.

A. Menurut hari dan pasarannya :

a) Hari

MINGGU : Keras hati, mahir bicara, cinta, dan lapang dada terhadap sesama.Ada kemungkinan menjadi kaya dan panjang usia.

SENIN : Berbudi lemah, pemalu dan penakut, namun seandainya berdialog berpangaruh.Menyenangi berperilaku baik dan ikhlasan. Sekalipun pemalu namun mahir dalam bekerja.

SELASA : Pendiriannya tak konsisten, menyenangi usil, dan mudah sakit hati namun ikhlasan.Hidupnya kurang bahagia, karena banyak rintangan dan cobaan dalam hidupnya.

RABU : Sifatnya hening sederhana, seandainya baik bukan main pantasnya, banyak rejeki, dan menyenangi belajar sehingga banyak ilmu.

KAMIS : Menyenangi disanjung sekalipun sifat itu tersembunyi, mudah naik darah, namun baik budinya.Bicaranya ditakuti dan akan mendapat kedudukan tinggi dalam profesi atau usahanya, sehingga ia familiar di dalam masyarakat.Mudah menghasilkan angan-angannya.

JUM’AT : Sifatnya halus, cinta dan dicintai sesama, sukamencari ilmu, ikhlasan, menyenangi bertapa dan berani menderita. Tubuhnya kuat, dan dalam asmara termotivasi besar.

SABTU : Berkepala batu, menyenangi membandel, pikirannya agak tumpul, dan menyenangi mengambil kemauannya sendiri, sehingga acap kali ditakuti dan dibenci orang. Tetapi ia cukup bertanggungjawab dan mahir dalam bekerja, bertalenta dagang.

b) Pasaran

PAING : Mahir, tak berharap ditumbangkan, mudah naik darah, menyenangi menyendiri jauh dari pergaulan, acap kali dikibuli dan banyak musuh serta pamrih.

PON : Menyenangi disanjung, ikhlasan dan tak berharap merugikan orang lain. Bicaranya berimbas, namun seandainya naik darah sukar diredakan dan pendendam.

WAGE : Keras hati dan besar kepala, tak pernah puas, agak jorok, acap kali lupa pada keluarga, mudah kena fitnah,namun ia mahir.

KLIWON : Setia, berpendirian kuat,perasaannya dalam dan bersar kemauannya, banyak nalar sehingga mahir berusaha di manapun ia berada. Tetapi sifatnya kadang-kadang buruk, dan kadang-kadang baik.

LEGI :Mudah menyesuaikan diri dengan orang atas ataupun orang bawah, kaya ataupun miskin. Baik budi, sehingga banyak disukai orang, awas dan penurut, berhati-hati. Baru curiga setelah kena tipu.Berharap mendapatkan dan memberi, namun besar pula ruginya.

B. Tanggal

Tanggal 01 : Pemberani, berinisiatif tinggi, punya jiwa pemimpin. Percaya pada kemauannya sendiri, tak menyenangi bergantung pada orang lain.

Tanggal 02 : Menyenangi menolong dan bekerja sama. Punya sifat penyayangdan tak ragu-ragu untuk mengutarakan perasaannya. Menyenangi melihat kepentingan dan kemauan orang lain.

Tanggal 03 : Mahir bergaul/bermasyarakat.Menyenangi dikelilingi oleh sahabat-sahabatnya, dan takut kesepian. Kepintarannya tampak,sehingga banyak disenangi orang.

Tanggal 04 : Bisa diandalkan dan tak pernah mengecewakan orang lain. Amat aktif dan rajin bekerja,serta bijaksana.

Tanggal 05 : Mempunyai kelebihan ketimbang orang lain, dan segala sesuatu yang dilaksanakan bersifat ideal dan efisien. Amat waspada dan berjiwa modern.

Tanggal 06 : Menyenangi melihat keluarga dan rumahtangga. Berharap senantiasa membahagiakan orang-orang yang dicintai malah ia rela berkorban. Keberesan dan kerukunan yaitu falsafah hidupnya.

Tanggal 07 : Amat pendiam, tak menarik perhatian. Menyenangi ilmu kebatinan dan mistik. Jiwanya halus, menyenangi menghargai estetika, dan kritis terhadap seni.

Tanggal 08 : Mahir dan jujur dalam segi keuangan. Menyenangi menolong.Berbakat menjadi pemimpin.

Tanggal 09 : Amat bertalenta di bidang mistik kebatinan. Mahir dan bertalenta di bidang sastra dan musik.Perjalanan akan memperluas pandangan hidupnya.

Tanggal 10 : Mempunyai daya mental,tangkas, dan penuh daya.Acap sukses dalam usaha, karena ia punya kelebihan ketimbang orang lain.

Tanggal 11 : Berbakat di bidang magnetis dan punya angan-angan yang tinggi. Tetapi mudah tersinggung. Mahir menjalankan sesuatu.

Tanggal 12 : Mahir menarik hati orang dan bijaksana. Punya moral dan moral yang tinggi serta luhur. Kehidupan sosial amat disenanginya.

Tanggal 13 : Aktif dan rajin bekerja,mahir memimpin masa. Amat hati-hati dan acap kali sukses dalam usaha.

Tanggal 14 : Benci pada sifat dusta, ia amat jujur. Jiwanya terbuka dan bertalenta jadi kritikus.

Tanggal 15 : Sayang pada keluarga, rumahtangga, dan sahabat-sahabat. Amat bertanggungjawab dan berharap berkorban.

Tanggal 16 : Jenius dan intelek, namun kurang sabaran. Cita kedisiplinan dan keharmonisan. Berjiwa sosial namun jarang diperlihatkan.

Tanggal 17 : Ulet dan pemberani. Perasaannya halus dan acap kali sukses dalam usaha-usaha yang baik.

Tanggal 18 : Mahir dan harus di percaya. Punya cita-cita tinggi.

Tanggal 19 : Cukup mahir dan pandangan hidupnya luas. Acap sukses dalam usaha pekerjaannya.

Tanggal 20 : Setia dan penyayang, karenanya banyak orang yag mencintainya. Menyenangi berkorban dan lebih mementingkan orang yang disenanginya.

Tanggal 21 : Punya kepribadian yang menarik. Padahal menyenangi mementingkan diri sendiri, namun menyenangi menolong orang lain seandainya perlu. Cita bergaul dan berjiwa sosial.

Tanggal 22 : Berbakat mendidik, banyak akalnya, percaya pada diri sendiri.

Tanggal 23 : Periang, mahir berdialog dean mengutarakan pendapatnya, sehingga
banyak orang yang kagum. Menyenangi merdeka dan tak bahagia diikat.

BACA JUGA : PRIMBON WETON JAWA JODOH REJEKI LENGKAP

Tanggal 24 : Cinta keluarga dan rumahtangga, serta bahagia hidup rukun tenteram. Tetapi mudah tertipu.

Tanggal 25 : Cinta kebenaran, jujur, dan setia. Pendiam dan gerakannya agak lamban.

Tanggal 26 : Cita melihat orang yang dicintainya. Selalu melihat kesejahteraan rumahtangganya. Acap sukses dalam usaha dan karirnya.

Tanggal 27 : Berpandangan luas, banyak pengalaman, dan bahagia ilmu kebatinan.

Tanggal 28 : Kehidupannya dalam masyarakat tampak. Jiwanya polos, memiliki daya untuk mengadakan perubahan yang menguntungkan.

Tanggal 29 : Kesederhanaan yaitu dasar bagi hidupnya. Acap sukses di biang sosial.

Tanggal 30 : Menyenangi mengabdi pada kebenaran dan banyak rejekinya.

Tanggal 31 : Cita bekerja dengan bebas tak terikat. Berbakat dalam bidang kepemimpinan, karena percaya pada diri sendiri. Mahir perasaannya cukup halus.

C. Bulan

JANUARI : Mahir berpikir dan bertalenta jadi pemimipin. Amat cocok dengan usaha dagang, dan baik pula seandainya jadi guru. Baik hatinya dan menghargai orang lain. Periang namun mudah mendapat sulit. Jikalau hatinya sulit sukar dihibur, soalnya dipikir dalam, sekalipun tahu seandainya itu tak ada gunanya.
Mahir bicara dan mahir menyimpan rahasia. Amat amat telaten, sekalipun dengan urusan yang kecil-kecil. Amat teliti dan hati-hati dengan urusan uang. Punya daya pikat yang besar, hingga banyak orang yang mencintainya. Cita ia tak bahagia dengan profesi yang senantiasa disuruh orang lain, ia senag bekerja dengan pikirannya sendiri. Lagipula ia tak mudah kena imbas bujukan orang lain.

PEBRUARI : Kepandaian yang bisa dibanggakan cuma satu bidang saja. Cita tukar pikiran dan menghargai orang lain. Jikalau itu ia menyenangi pelesir dan humor, menyenangi berpakaian serba menawan. Ia berharap bergaul lapang dada hingga hati (lahi batin), namun seandainya bermusuhan tak mudah didamaikan.
Punya potensi terkena rematik dan gatal pada tubuhnya, karenanya seandainya dingin harus berpakaian hangat. Amat bahagia berperilaku sendiri, berharap menyuruh, namun tak berharap disuruh orang lain. Amat seolah-olah punya daya mata (hypnotische macht) yang berkekuatan gaib. Cita harta dan pangkat serta menyenangi memuji diri sendiri. Amat bertalenta jadi dokter jiwa atau tabib, dan cocok jadi pakar regulasi serta pakar ilmu obat-obatan.

MARET : Punya keahlian di bidang pertukangan atau tehnik. Mahir bahagia pengetahuan agama atau pengetahuan lainnya. Cinta pada sesama, jujur tak pernah berdusta. Cita estetika bahasa (sastra), karenanya banyak yang jadi pengarang. Jikalau menolong tak tanggung-tanggung, karenanya banyak orang yang menyenanginya.
Amat bisa diandalkan dalam mengatur urusan penting umpamanya di bidang keuangan atau administrasi. Sebelum berusia 35 tahun acap kali menderta sakit, namun setelah berusia 35 tahun tak pernah/jarang sakit dan bisa panjang usia. Jikalau mahir mencari pekerjaannya ia bisa kaya.
Sayangnya ia mudah “sulit\\\\” seandainya sedih ia sukar dihibur. Mahir ia mudah putus impian.

APRIL : Mahir berpikir, banyak pendapatnya/usulnya. Karenanya ia bertalenta dengan profesi yang memerlukan daya pikir. Jikalau ia bekerja dengan perintah orang, malah bingung. Jikalau mahir mengatur rumahtangga dan tabah serta sayang pada keluarga.
Tetapi menjadi kepala perusahaan namun ia menyenangi menuruti kehendaknya sendiri.
Ia jodoh bahagia memilih orang yang rajin dan mahir mengatur rumah-tangga, serta harus taat pada instruksinya, karena seandainya tak ia mudah naik darah. Ia punya musuh tak berharap atau tak mudah memberi ampun. Mahir ia mudah bosan, tak sabaran. Tetapi seandainya terhadap orang yang dicintainya ia bersikap amat tabah, malah hingga menurunkan derajatnya. Berharap bekerja yang berat-berat, namun seandainya bekerja lupa pada kesehatannya. Mungkin karena ia dappat menahan rasa sakit itu.
Laki-laki yang lahir bulan April ini banyak untung dan mudah cari uang, namun mudah membuangnya. Cita berpakaian baik dan bahagia bergaul dengan orang umum.

MEI : Tetapi menahan hawa nafsu dan angkara naik darah. Ia bicara manis dan menarik. Cita barang-barang yang baik dan makanan yang sedap-sedap. Tetapi untung besar seandainya bekerja di bidang pengarang, kedokteran, atau perdagangan. Jikalau kurang melihat kebutuhan orang lain, karena banyak urusan pribadinya. Cita ia bahagia bekerja di bidang yang disenanginya. Akan namun seandainya profesi itu tak cocok, karenanya ia jadi malas. Amat menyenangi bekerja sendiri tanpa disuruh orang lain, karenanya ia akan lebih beruntung seandainya bisa jadi pimpinan.
Ia memang mahir dan rajin bekerja cuma sayangnya punya watak pemboros demi kesenangannya sendiri.

JUNI : Mahir di bidang ilmu agama dan ilmu pemerintahan. Cita menginginkan sesuatu yang tak ia kerjakan, yang alhasil bisa mendatangkan kesusahan diri sendiri.
Kebanyakan menyenangi bepergian ke luar negeri. Jikalau sudah berusia 35 tahun bisa mengumpulkan harta. Pada lazimnya menyenangi kawin di usia muda. Amat tak percaya pada orang lain. Mahir ia bisa memiliki usia panjang seandainya berharap mencintai diri sendiri dan mencintai orang lain. Sayangnya ia mudah terserang penyakit perut. Mahir sayang ia tak bisa mengatur diri sendiri, lagipula ia “antepan” dan tak berharap bertukar pikiran dengan orang lain.

JULI : Punya daya pikir yang tajam untuk merencanakan profesi yang besar. Tetapi mencukupi kebutuhan rumah-tangganya dan bisa menolong saudara-saudaranya. Amat jujur, baik hati, namun takut melarat. Menyenangi berpikir seandainya sendirian di rumah.
Ciri khasnya ia bahagia “pelancongan”. Amat mahir berceramah di depan orang banyak. Karenanya banyak yang jadi tokoh pergerakan. Cita punya barang-barang teladan baru dan modern. Cita berpakaian menawan, dan bahagia pula rumah yang bersih dan menawan. Amat mahir di bidang tehnik dan bisa jadi pemimpin perusahaan.
Tetapi mudah terkena penyakit tenggorokan, paru-paru, dan ginjal. Untung ia amat kuat menahan sakitnya. Amat bahagia disanjung. Kadang-kadang kejam dan menyenangi membalaskan dendam hatinya. Cita mudah berubah tujuan. Amat memang mahir membri teladan pada buah hati-buah hati dengan tujuan yang baik.

AGUSTUS : Hatinya baik dan “prasaja” terhadap keluarga, saudara, dan tetangga. Berperasaan halus dan mudah berminat. Bertujuan luhur lahir batinnya, punya kekuasaan besar. Tetapi diandalkan di bidang perdagangan. Jikalau bisa berumur panjang, namun harus bisa menjaga kesehatan perut dan kepala.
Hatinya senantiasa bahagia dan bisa menarik perhatian orang, sehingga disenangi orang banyak. Acap mendapat untung besar seandainya bekerja dengan baik.
Cita belajar, berfoya-foya, dan bahagia makan di daerah ramai. Sayang, seandainya meminjam acap kali lupa mengembalikan. Ia berpakaian sederhana.
Dalam berdialog, ia bahagia mendebat lawannya entah debatannya betul atau salah. Amat pada dasarnya memang rajin bekerja. Tetapi bekerja jadi pengarang, penyanyi, dan sutradara. Bagi pria cocok bekerja menjadi juru bayar makelar, dan mendirikan perusahaan.

SEPTEMBER : Sifatnya jujur, cinta pada sesama, dan baik budi pekertinya, sehingga dihormati orang. Cita regulasi-regulasi yang baik. Punya bakat jadi guru, mahir di bidang musik, dan mahir mendidik buah hati-buah hati. Mahir menyimpan rahasia pribadi dan orang lain.
Pria yang lahir bulan September bisa jadi pakar obat-obatan, wartawan, dan pakar pidato. Cita menyimpan uang, dan bahagia mengeluarkan uang untuk menyenangkan hatinya. Tetapi ia dermawan. Acap rekreasi dan cari hiburan. Wataknya periang, sehingga ia tampak awet muda. Tetapi ia menyenangi makan dan minum yang berlebihan. Otaknya memang cerdas dan acap kali banyak untung.

OKTOBER : Mahir bicara dan baik budinya. Jikalau bekerja sendiri bisa sukses, namun seandainya orang lain turut campur jadi bingung. Ia berharap menolong orang yang disenangi, namun terhadap orang yang dibenci menyenangi mengejek.
Ia wanita kurang sabaran, bisa tabah sekali seandainya terhadap orang yang disenanginya.Cita boros seandainya mengatur uang. Tetapi bertalenta di bidang musik. Tajam pikirannya, bisa mengerti pikiran orang lain. Cita berpakaian yang baik-baik tanpa menilai kesanggupannya sendiri.
Tetapi hidup rukun dengan kekasih dan keluarganya seandainya kamauannya dibatasi dengan baik. Jikalau bekerja tak berharap dipaksa orang lain seandainya bukan kemauannya sendiri.

NOPEMBER : Mahir terhadap segala urusan. Tetapi menahan hawa nafsu. Bicaranya menarik dan bisa memberi pengaruh orang. Amat bahagia estetika dunia, bahagia berpakaian baik, dan bahagia dipuji. Tetapi jadi pengarang, pelukis, pakar regulasi, dan dokter. Cita menimbun profesi yang alhasil tak bisa dipecahkan. Tetapi bekerja dengan baik seandainya mendapat pujian, karena pada dasarnya memang bahagia dipuji. Amat sesungguhnya pemalas dan bahagia menggosip orang.
Tetapi mendapat untung besar seandainya mendapat profesi yang besar dan sukar. Ia tergolong mahir dan manis. Amat juga bertalenta mendongeng cerita-cerita fiksi. Boros dengan uang, bahagia “bepergian”, dan bersaudara. Ia akan membuka profesi sebaiknya diawali bulan Januari atau Juli, dan harinya Selasa.

DESEMBER : Cita mengikuti (turut-ikutan) dan percaya pada orang lain. Kurang sabaran dan mudah bosenan, namun tak punya rasa iri dan iri, karena hatinya jujur, dan ia juga rajin. Jikalau bekerja ia punya sistem-sistem sendiri yang lain ketimbang yang lain. Amat punya pandangan yang luas mengenai apa saja. Jikalau dianugerahi panjang usia dan senantiasa sehat. Amat bertalenta di bidang seni musik dan seni-seni lainnya. Jikalau berharap belajar seni bisa mencapai sarjana. Ia sudah cinta bukan main besarnya, namun seandainya sudah membenci sulit untuk diajak tenteram.
Wanita Desember mahir mengatur rumah-tangga. Hatinya jujur dan lugu, seandainya janji pasti ditepati. Amat mendambakan kebenaran dan keadilan.

Tinggalkan komentar